Aku Dan Sosial Media

Sebuah curahan perasaan sebagai orang pecandu internet.


Candu (kata benda): penyakit otak yang ditandai dengan keterlibatan kompulsif rangsangan bermanfaat, meskipun konsekuensi yang merugikan.
Beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar kewalahan. Otak saya merasa seperti itu di overdrive dan aku sedang mengalami tugas pengolahan kesulitan dan informasi. Ada terlalu banyak masukan membombardir otak saya. Terlalu pertemuan dan acara banyak. Terlalu banyak email. Terlalu banyak artikel. Terlalu banyak aplikasi. Terlalu banyak media sosial feed. Aku tidak bisa menjaga dan tetap fokus. Saya telah mencapai titik kritis. Sesuatu harus berubah. Aku tahu aku sangat diperlukan untuk mengurangi kekacauan dan gangguan dari rutinitas sehari-hari saya. Beberapa hari setelah realisasi ini, saya mulai melacak bagaimana aku menghabiskan waktu saya dan memberikan perhatian dekat dengan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan stres dan kecemasan.
Seminggu ke latihan ini, beberapa hal menjadi sangat jelas. Saya menghabiskan setidaknya dua sampai tiga jam sehari di media sosial. Setiap kali aku punya waktu luang, saya akan meraih telepon saya untuk terlibat di Twitter, Facebook atau Instagram. Aku sering merasa bersalah karena kali ini jarang merasa produktif dan memuaskan. Saya juga menyadari bahwa lebih banyak waktu di media sosial menyebabkan kekacauan lebih digital (artikel untuk membaca, orang untuk terlibat, perusahaan untuk melacak). Selalu ada rasa FOMO (takut kehilangan) menggerogoti saya jadi saya terus-menerus memeriksa feed saya sepanjang hari. Hal ini juga terjadi kepada saya aplikasi ini membawa saya keluar dari saat ini. Saya akan terus berpikir tentang posting berikutnya, berhenti untuk menangkap gambar yang sempurna, atau mengabaikan siapa aku dengan. Terburuk dari semua, saya menyadari media sosial adalah kendaraan untuk memberi makan ego saya, melarikan diri dari kenyataan dan banjir otak saya dengan semburan cepat dopamin.
Penelitian telah menunjukkan efek negatif dari paparan media sosial yang berlebihan dan penggunaan. Posting blog ini melakukan pekerjaan yang baik meringkas beberapa penelitian awal yang dilakukan. Berikut adalah beberapa temuan yang disajikan. Pada November 2013, sebanyak 350 juta orang kecanduan hanya Facebook. Selain itu, sekelompok peneliti menemukan hubungan yang jelas antara ekstrim penggunaan media sosial dan kesehatan mental masalah seperti depresi. Ada juga tampaknya menjadi korelasi langsung antara media sosial dan kecemasan. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh University of Salford, 51% dari pengguna yang disurvei berpikir Facebook dan Twitter telah 'mengubah hidup mereka,' untuk lebih buruk. 45% menjawab dengan mengatakan mereka merasa 'cemas atau tidak nyaman' ketika mereka tidak dapat mengakses media sosial. Selanjutnya, penelitian lain menemukan bahwa 73% dari orang panik jika smartphone mereka salah. Pengalaman saya dan data menggambarkan kita menjadi budak perangkat kita dan jaringan sosial.
Setelah semua ini realisasi mencolok diatur dalam, saya membuat keputusan untuk detoksifikasi dari semua bentuk media sosial untuk bulan Juli. kalkun dingin. Saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan tinggal jauh dari setiap aplikasi yang memiliki umpan sosial. Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, Swarm, Strava, dll semua terlarang. Aku tahu menghapus kekacauan ini dari hidup saya tidak akan mudah dan kemungkinan akan menjadi stres tapi aku memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan ketenangan pikiran. Beberapa jam kemudian, saya menghapus setiap aplikasi sosial dari iPhone saya. Saya kemudian pergi ke situs-situs di browser desktop saya dan log out dari setiap layanan. Aku telah menyeberangi point of no return. Saya akhirnya terputus dari web sosial.
Tidak mengherankan, beberapa hari pertama adalah sebuah tantangan mental. Aku punya perasaan kesepian, kebosanan, depresi ringan dan FOMO. Sekelompok pertanyaan berlari melalui kepala saya. Apa yang orang bicarakan dan berbagi? Apa posting, artikel dan perusahaan saya hilang? Yang mencoba untuk berhubungan dengan saya? Bagaimana aku akan efektif di tempat kerja? Ini adalah bukti bahwa aku telah menjadi sangat tergantung pada jaringan sosial untuk informasi, interaksi dan validasi diri. Ada tiba-tiba kekosongan besar dalam rutinitas sehari-hari saya. Akhir pekan pertama, saya merasa terputus dari seluruh dunia dan tidak tahu apa yang terjadi di luar gelembung kecil saya. Aku berada di sebuah pulau. Sementara otak saya adalah keinginan ledakan yang manis dopamin dari interaksi online, saya terus mengingatkan diri sendiri bahwa penarikan tersebut kemungkinan akan mereda setelah minggu pertama.
Aku bahkan melihat beberapa perilaku tak terduga selama fase penarikan awal. Sebagai contoh, saya mencoba untuk merasionalisasi mengapa saya harus tetap dapat menggunakan aplikasi tertentu seperti Strava untuk melacak latihan saya. Saya juga menemukan diri meraih telepon saya setidaknya selusin kali sehari untuk memposting artikel, gambar atau pikiran tertentu. perilaku yang jelas terpatri dalam diri saya. Saya juga mulai melihat bahwa saya berhenti mengambil foto karena saya tidak bisa berbagi. Konsumsi berita saya juga bergeser. Aku mulai mengandalkan situs media tradisional dan agregator untuk seperti The New York Times, Wall Street Journal, Nuzzel, Hacker News, Launch.co dan Techmeme. Yang paling mengejutkan, saya tidak lagi ingin atau merasa perlu untuk menggunakan ponsel saya karena saya tidak bisa terlibat online dengan teman-teman dan pengikutnya. iPhone saya dengan cepat berubah dari perangkat pribadi ke perangkat kerja


Keywords :
Ceritaku
Cerita Internet 
Sosial Media 
Aku Dan Sosial Media 
Media Sosial
Pecandu Facebook 
Latest