Pengertian Harmoni, Akord simbol akord, bentuk akord dan Trinada



Harmoni Musik
            Harmoni adalah paduan bunyi di dalam suatu lagu yang terdiri dari beberapa suara yang sesuai dengan akor. 
Gelas yang dipukul dengan sendok dapat menjadi alat musik ritmis. Contoh alat musik ritmis lain yaitu gendang, drum, dan cymbal. Sebaliknya, ada pula alat musik melodis. Contoh alat musik melodis yaitu piano, seruling, dan gitar.
            Ilmu Harmoni adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat enak didengar dan selaras. Di sini dipelajari tentang penggunaan berbagai nada secara bersama-sama dan akord-akord musik, yang terjadi dengan sesungguhnya ataupun yang tersirat. Studi ini sering merujuk kepada studi tentang gerakan dari satu nada secara berbarengan ke nada yang lain, dan prinsip-prinsip struktural yang mengatur progresi tersebut.
Alat Musik Harmonis
            Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimankan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alatmusik ini biasa memainkan harmoni maka cir-cirinya ialah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh alat musik harmonis adalah guitar, keyboar, piano, harpha, kentrung, siter. 
            Gitar termasuk alat musik melodis. Saat dimainkan, gitar dapat menghasilkan nada. Sebaliknya, drum tidak menghasilkan nada. Drum disebut alat musik ritmis. Ada berbagai macam alat musik ritmis dan alat musik melodis. Dalam tabel berikut ada beberapa alat musik. Tuliskan namanya. Tandai apakah alat musik tersebut termasuk alat musik melodis atau alat musik ritmis. 


II. Pengertian Akord

       Akor adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan bersamaan akan terdengar harmonis. Dalam penyajiannya, akor dapat dimainkan secara bersama (serentak) ataupun bergantian (arpegio). Paduan nada biasanya sebagai penyerta melodi. Keterpaduan nada-nada dalam akor terlihat pada aransemen lagu dengan banyak alat musik dan aransemen lagu untuk paduan suara. Nada-nada yang berasal dari instrumen musik atau berbagai jenis suara yang dibunyikan bersamasama akan membentuk suatu akor.
Adapun fungsi akordadalah antara lain:
1. Mengiringi orang menyanyi.
2, Untuk memudahkan mengaransemen lagu
3. Membantu menciptakan sebuah lagu
Akor tidak hanya berperan sebagai penyerta, tetapi juga menyatu dengan melodi.





 


 III. PengertianTrinada
            Triad Chord / Trinada adalah chord yang terdiri dari 3 nada yang diambil dari tangga nada tertentu. Nada yang digunakan adalah nada pertama, ketiga, dan kelima. Contoh : Tangga nada C Mayor (C D E F G A B C), triad chordnya terdiri dari nada C E G, namun nama triad chordnya disebut triad chord C.

Major Triad / Trinada Mayor : 1 - 3 - 5
Minor Triad / Trinada Minor : 1 - 3b - 5
Augmented Triad : 1 - 3 - 5#
Diminished Triad : 1 - 3b - 5b

Major triad terdiri dari interval Major 3rd dan minor 3rd